Beranda > Uncategorized > Fenomena Rencana Pemerintah Menaikkan Harga BBM

Fenomena Rencana Pemerintah Menaikkan Harga BBM


Kita ketahui bahwa dalam hal penentuan harga, berkaitan dengan  sistem ekonomi yang dianut oleh suatu negara.  Secara teori, sistem ekonomi yang dikenal ada 3 yaitu: sistem ekonomi pasar, sistem ekonomi terpusat  (sistem ekonomi sosialis) dan sistem ekonomi campuran.

Untuk konteks harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di negara kita, sedang mengacu kepada sistem ekonomi pasar. Karena penetapan harga BBM didasarkan pada harga minyak mentah dunia, yang notabenenya ditentukan dan ditetapkan besaran dan nilainya oleh negara-negara yang memiliki otoritas dalam penguasan industri perminyakan. Artinya dalam penentuan harga ini, pemerintah tidak menganut sistem ekonomi terpusat yang mampu menetapkan harga sendiri.  

Seperti diketahui bahwa menurut  sistem ekonomi pasar (Laissez-Faire Economy)  keseimbangan harga serta jumlah barang dan jasa dalam perekonomian dibimbing oleh sesuatu yang tidak kelihatan (invisible hand). Jadi dalam hal ini, sesungguhnya penyebab kenaikan harga minyak dibimbing oleh sesuatu yang tidak kelihatan, tentunya berkaitan pada rencana pemerintah yang berencana menaikkan harga BBM pun dipengaruhi dan dibimbing sesuatu yang sesungguhnya tidak kelihatan (invisible hand) juga.

Penetapan harga minyak mentah dunia, termasuk dipengaruhi oleh geopolitik, yang terjadi saat ini di Iran disebabkan krisis pengembangan nuklir yang terus memanas, dan kondisi perekonomian global yang sedang mengalami krisis, terutama di belahan dunia eropa dan amerika. Pengaruhnya kepada negara-negara berkembang, termasuk kita di Indonesia. Dengan kata lain, kenaikan harga BBM di negara kita juga  dipengaruhi oleh kondisi politik di Timur Tengah sebagai negara-negara produsen minyak mentah dunia dan krisis global yang berkepanjangan. Tentunya hal ini merupakan analisis terhadap faktor yang mempengaruhi. Bukan mutlak sebagai penyebab kenaikan harga minyak dimaksud.

Mengacu kepada hal tersebut, pemerintah Indonesia berencana mengambil kebijakan untuk  menaikkan harga BBM demi mengikuti perkembangan dan menyeimbangkan harga minyak produksi dalam negeri dengan harga minyak dunia, karena sebagai salah satu negara produsen minyak. Terlepas dari dampak yang ditimbulkan oleh kenaikan harga BBM tersebut, pemerintah harus tunduk dan patuh kepada sistem ekonomi pasar. Karena negara kita bukan merupakan penentu harga minyak yang beredar di pasar internasional. Walaupun negara kita memproduksi minyak dalam jumlah yang cukup besar.

 

Mengapa Barang Jenis BBM (Bahan Bakar Minyak) Tetap Akan Dibeli Konsumen Meskipun Harganya Semakin Tinggi

Karena faktanya saat ini masyarakat dunia, khususnya masyarakat Indonesia (konsumen) sudah ketergantungan dengan BBM. Mulai dari kegiatan ekonomi, sosial, budaya dan politik membutuhkan dan menggunakan BBM untuk menunjang kelancaran beraktifitas dan kelancaran bermobilitas. Salah satu contoh adalah penggunaan BBM di sektor ekonomi, mulai dari kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi semua menggunakan dan membutuhkan BBM.

Kita ketahui juga bahwa secara teori, jika makin rendah harga suatu barang maka makin banyak  permintaan. Sebaliknya makin tinggi harga suatu barang maka makin sedikit permintaan terhadap barang tersebut. Nah, jika harga BBM tinggi, maka makin sedikit yang mampu membeli. Rendahnya kemampuan membeli tersebut berpengaruh terhadap sistem produksi, distribusi dan konsumsi. Dengan kata lain, jika kelangkaan BBM karena harga tidak terjangkau, bisa dipastikan kegiatan ekonomi akan terhenti/melemah. Jika kegiatan ekonomi terhenti berdampak pula kepada kegiatan lainnya.

Mengacu kepada tingkat kebutuhan dan dampak yang ditimbulkan, BBM akan tetap dibeli oleh konsumen. Karena telah menjadi salah satu urat nadi yang berperan penting untuk mendukung kelancaran beraktifitas dan bermobilitas, seperti disebutkan. 

 

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Sanggar Anak Tangguh

Strong Children Strong Nation

What Planners Do

The Few, The Proud, The Planner

kalipaksi dot com

Melu Memayu Hayuning Bawono

ARDAN SIRODJUDDIN

Blog ini didedikasikan untuk kemajuan pendidikan Indonesia

O. Solihin

katakan kebenaran itu meskipun terasa pahit

%d blogger menyukai ini: