Beranda > Uncategorized > SAMPAH

SAMPAH

Setiap orang menghasilkan sampah setiap hari. Sampah adalah benda/barang yang dibuang karena tidak terpakai lagi. Sampah ada 3 macam, organik (mudah hancur) dan non organik (tidak mudah hancur) dan limbah beracun (B3). Sampah organik, di antaranya daun, ranting, kotoran hewan dan manusia serta sisa makanan. Sampah non organik, contohnya barang bekas dari kaca, kaleng, karet, plastik dan lainnya.B3, sampah kimia, obat-obatan, limbah industri khusus dan lainnya.

Kesehatan keluarga dipengaruhi ketertiban dalam memperlakukan sampah. Jika sampah rumah dibiarkan berserakan, maka menimbulkan lingkungan kotor. Lingkungan yang kotor membuat penghuni rumah tidak nyaman. Selain itu, menjadi sumber penyakit, seperti gatal-gatal, demam berdarah, malaria dan disentry.

Membuang sampah di solokan, drainase atau sungai dapat menyumbat aliran air dan menimbulkan banjir. Untuk itu, sampah mesti ditangani secara benar. Sampah dapat bermanfaat jika ditangani secara benar. Misalnya, pembuatan pupuk dan daur ulang barang bekas/rongsok. Penanganan sampah dapat dilakukan sendiri atau pun kolektif (bersama-sama).

Sampah yang ditangani sendiri dilakukakan oleh tiap keluarga. Misalnya, membuang sampah organik dan non organik di tempat yang berbeda. Tempat sampah organik bisa berupa tong/keranjang atau galian tanah. Tempat sampah mesti tertutup agar bau busuk tidak tersebar. Selain ditimbun, sampah dapat juga dimusnahkan dengan cara dibakar, tetapi asapnya dapat mengganggu orang lain.

Penanganan sampah yang dilakukan bersama, umumnya terdapat di perumahan perkotaan. Karena di perkotaan luas lahan untuk galian sampah terbatas, selain itu jarak antar rumah sangat dekat, rapat. Jika sampah dibakar, dapat mengganggu tetangga yang berdekatan.Gambar

Bersih itu indah, lingkungan yang bersih membuat manusia sehat, pikiran cemerlang dan hati senang.

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Sanggar Anak Tangguh

Strong Children Strong Nation

What Planners Do

The Few, The Proud, The Planner

kalipaksi dot com

Melu Memayu Hayuning Bawono

ARDAN SIRODJUDDIN

Blog ini didedikasikan untuk kemajuan pendidikan Indonesia

O. Solihin

katakan kebenaran itu meskipun terasa pahit

%d blogger menyukai ini: