Beranda > Uncategorized > DAMPAK TRANSPORTASI PERKOTAAN

DAMPAK TRANSPORTASI PERKOTAAN


Berbagai isu dari permasalahan transportasi yang mengemuka pada akhir-akhir ini adalah pembangunan transportasi tidak ramah lingkungan dan berkeadilan, salah satu contohnya adalah polusi udara akibat gas buang kendaraan bermotor serta konsumsi energi Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk transportasi darat tergolong paling tinggi yaitu sebesar 48% dari konsumsi nasional di tahun 2005, bila dibandingkan konsumsi dengan sektor industri, listrik maupun rumah tangga.

Tumbuhnya pusat-pusat kegiatan baru menyebabkan tinggGambarinya bangkitan/tarikan perjalanan. Semakin tinggi mobilitas masyarakat dalam menggunakan kendaraan bermotor maka semakin tinggi pula intensitas kebisingan, getaran, dan polusi udara yang dihasilkan gas buang kendaraan bermotor. Polusi udara ini dapat membahayakan kesehatan, lingkungan dan menimbulkan pemanasan global. Untuk mengontrol polusi udara yang dihasilkan gas buang kendaraan bermotor, perlu dilakukan pengujian emisi kendaraan pribadi serta kampanye penggunaan kendaraan non-motorized. Sayangnya pelaksanaan pengujian ini masih sekedar issue, dan fasilitas untuk lalu lintas non-motorized juga masih minim.

Inefisiensi pemanfaatan energi sektor transportasi darat secara tidak langsung mengakibatkan cadangan minyak bumi (fossil) semakin kritis. Agar penggunaan BBM dapat diminimalisir, maka diperkenalkanlah penggunaan energi alternatif berupa Bahan Bakar Gas (BBG) dan Bahan Bakar Nabati (BBN)/biofuel. Namun pada kenyataannya, implementasi pemanfaatan BBG masih tersendat. Begitu juga pemakaian BBN untuk kendaraan bermotor baik kendaraan pribadi maupun angkutan umum masih rendah.

Untuk selanjutnya, pembangunan transportasi harus sustainable, baik dari sisi sosial masyarakat, ekonomi, teknologi maupun lingkungan. 

Iklan
Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Sanggar Anak Tangguh

Strong Children Strong Nation

What Planners Do

The Few, The Proud, The Planner

kalipaksi dot com

Melu Memayu Hayuning Bawono

ARDAN SIRODJUDDIN

Blog ini didedikasikan untuk kemajuan pendidikan Indonesia

O. Solihin

katakan kebenaran itu meskipun terasa pahit

%d blogger menyukai ini: